Minggu, 26 April 2020

Cara menghidupkan mobil mogok

Guru MAN
Mendapati mobil mogok saat ingin digunakan pastinya benar-benar menyusahkan. Beragam kondisi bisa menjadi penyebab mobil mogok, mulai dari aki kehabisan setrum, bensin habis, hingga masalah pada mesin.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang apa saja yang bisa menjadi penyebab mobil mogok, anda bisa membacanya pada artikel tentang penyebab-penyebab mobil mogok yang sudah pernah dituliskan sebelumnya.

Khusus untuk mobil mogok akibat aki (ACCU) tekor kehabisan setrum, ada dua cara yang bisa dilakukan agar mesin mobil bisa dihidupkan kembali, yaitu dengan melakukan jumper aki atau dengan mendorong mobil.

Namun, untuk menghidupkan mobil mogok dengan mendorong ini ada syaratnya, yaitu mobil anda bertransmisi manual dan anda butuh orang lain untuk membantu mendorong mobil anda. Jika sudah lengkap ikuti caranya dibawah berikut

Mendapati mobil mogok saat ingin digunakan pastinya benar Cara menghidupkan mobil mogok


Cara menghidupkan mobil mogok dengan mendorong


  1. Putar kunci kontak pada posisi ON
  2. Injak pedal kopling, lalu masukkan tuas persneling ke gigi 2 atau gigi 3
  3. Tetap tahan dan injak pedal kopling
  4. Dorong mobil hingga melaju disaat kontak ON, persneling di gigi 2, dan tetap menekan pedal kopling
  5. Saat mobil mulai berjalan karena didorong, lepas injakan pedal kopling dengan cepat sambil menekan pedal gas hingga mesin hidup.
  6. Ketika mesin mobil hidup, langsung injak pedal kopling kembali sedalam-dalamnya, sambil tekan pedal rem perlahan untuk menghentikan laju mobil.

Setelah mesin menyala, sebaiknya biarkan terlebih dahulu beberapa saat agar aki mobil kembali terisi listriknya.

Selain itu, perhatikan juga lampu indikator aki di dashboard mobil anda, jika lampu indikator aki padam, artinya sistem pengisian aki tidak bermasalah dan anda hanya perlu mencas aki mobil tersebut.

Namun jika ternyata lampu indikator aki tetap menyala, berarti sistem pengisian aki mobil mengalami masalah. Sebaiknya periksakan sistem pengisian aki mobil anda ke bengkel yang anda percaya.